This Blog was created dan dedicated for everyone who care and beliefe that Good Safety, Health and Environment can help us to improve our prosperity

Sunday, January 14, 2007

Incident /Accident Investigation

INVESTIGASI

Kata-kata ini sering kita dengar dan temukan digunakan oleh Polisi atau penegak hukum lainnya untuk mendapatkan bukti-bukti dari suatu kejadian kecelakaan, atau kejahatan yg dilakukan oleh tersangka.

Apakah kecelakaan termasuk dalam kejahatan (jika ada unsur kesengajaan bisa jadi ), lalu jika kecelakaan yang terjadi bukan karena unsur kesengajaan namun terjadi karena bertemunya suatu tindakan tidak aman (unsafe action) dan kondisi tidak aman (unsafe condition), haruskah kita melakukan INVESTIGASI seperti para penegak hukum.

Mungkin kita akan melakukan investigasi, dimana investigasi akan sangat tergantung dari knowledge dan juga attitude para investigatornya, namun pertanyaan yang harus benar-benar terjawa adalah : APAKAH ROOT CAUSE dapat ditemukan ? Apakah TINDAKAN PERBAIKAN bisa diimplementasikan dan menhilangkan semua resiko yang ada? Apakah BAHAYA LATEN dari suatu resiko dapat dikurangi?

Sebuah hasil investigasi yang kurang baik biasanya menimbulkan resiko baru, atau bahkan korban baru.

Siapa sebenernya yang paling bertanggung jawab dalam melaksanakan Investigasi ?

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home